Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang di Blog Sri Yanti WS

Selamat Datang di Blog Sri Yanti WS

Sejarah Marco Polo

POLO, MARCO

Marco Polo (1254? - 1324?) adalah seorang Venesia, Italia yang suka mengembara. Ia menceriterakan perjalanannya menjelajah Asia dalam sebuah buku terkenal yaitu Perjalanan Marco Polo.
Ayah dan pamannya adalah saudagar-saudagar kaya yang pernah mengunjungi negeri Cina untuk berdagang. Pada tahun 1271 mereka pergi untuk kedua kalinya dan membawa serta Marco Polo. Mereka tiba di ibukota kerajaan pada tahun 1275.
Raja Kubilai Khan menyukai Marco Polo dan mengutusnya beberapa kali keliling Cina. Marco Polo dan ayahnya kembali ke Venesia pada tahun 1295.
Dalam bukunya Marco Polo mengisahkan perjalanannya menempuh daerah-daerah tidak dikenal seperti Tibet dan Siam. Ia menceritakan bintang-binatang aneh seperti beruang kutub yang putih. Ia pun menguraikan kehidupan di Cina secara terperinci; menceritakan kekayaan, perdagangan, pemerintahan, agama dan adat istiadatnya serta penemuan-penemuan yang terdapat di sana. Selama beberapa waktu sedikit saja orang yang percaya bahwa cerita Marco Polo betul-betul sesuai dengan kenyataan.

Marco Polo


Terdapat juga sumber dari https://id.wikipedia.org/wiki/Marco_Polo

Marco Polo dan Indonesia

Beberapa nama tempat di Indonesia yang disebutkan dalam buku perjalanan Marco Polo, antara lain:
-Pulau Jawa Besar (pulau Jawa); diperkirakan sangat luas karena pantai selatannya tidak sempat dikunjungi oleh Marco Polo. Juga diceritakan mengenai ekspedisi penyerangan Kubilai Khan ke Jawa dan kegagalannya.
-Pulau-pulau Sondur dan Condur diperkirakan merupakan pulau-pulau kecil di Laut Cina Selatan yang pernah digunakan sebagai patokan pelayaran.
-Pulau Pentam (pulau Bintan); disebutkan mengenai letak pulau ini dari selat Singapura
  Kota Malaiur (Melayu, atau Palembang); diceritakan pula tentang raja-raja Melayu, diantaranya adalah Paramasura.
-Pulau Jawa Kecil (pulau Sumatra); diperkirakan sebutan untuk Sumatra, karena ciri-ciri komoditas dan hewan (gajah, badak, elang hitam) yang disebutkannya.
-Kerajaan-kerajaan Ferlec (Perlak) dan Basman (Peusangan) -di daerah Bireuen sekarang-); diceritakan tentang beberapa kerajaan bertetangga dan keberadaan suku Battas (Batak) di pedalaman.
-Kerajaan-kerajaan Samara (Samudra) dan Dagroian (Pidie); disebutkan mengenai pohon kelapa (palem Melayu) dan legenda kanibalisme famili yang meninggal.
-Kerajaan-kerajaan Lambri (Lamuri) dan Fansur (Barus); disebutkan mengenai legenda manusia berbulu dan berekor (orangutan), kapur barus, dan sagu kelapa.





Tag : marco polo
0 Komentar untuk "Sejarah Marco Polo"

Back To Top