Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang di Blog Sri Yanti WS

Selamat Datang di Blog Sri Yanti WS

Arti Puisi

PUISI

Puisi adalah ungkapan pikiran, perasaan, gagasan dan pengalaman dalam kata-kata yang menciptakan pola berirama. Penyair berharap pola ini akan menimbulkan tanggapan berupa perasaan yang mendalam pada si pembaca. Penyair dapat menggunakan bermacam pola sajak. Misalnya akhir kata-kata yang bersajak yang bunyinya sama. Sebuah syair dapat bersajak pada akhir baris dari tiap dua baris yang disebut kuplet. Dapat juga bersajak pada akhir baris-baris yang berselang satu baris. Sajak dapat juga terjadi di tengah-tengah baris dan bukan di ujung. Syair dapat juga ditulis dalam bentuk sajak bebas, yang sama sekali tidak bersajak. Irama sebuah saja ditentukan juga oleh matranya. Matra adalah pola suku-suku kata dalam syair yang diberi tekanan.





Sajak dapat ditulis dalam bermacam-macam bentuk sastra. Soneta adalah sebuah syair terdiri dari 14 baris dan bersajak dalam suatu pola tertentu. Haiku adalah bentuk puisi Jepang. Biasanya terdiri dari tiga baris tidak bersajak; baris pertama terdiri dari lima suku kata, baris kedua tujuh, dan baris ketiga lima suku kata. Pantun adalah sajak cerita. Epik adalah syair yang menceritakan kepahlawanan, sedangkan elegi mengungkapkan duka atas kematian seseorang.
Puisi adalah salah satu seni yang tertua. Orang primitif memakai puisi untuk menceritakan kejadian-kejadian penting dalam sejarahnya. Ungkapan puitis menambah bobot peristiwa-peristiwa tersebut serta membuatnya lebih dikenang.

Jenis-jenis Puisi
-Puisi Lama
-Puisi Baru

Arti Puisi bisa juga dilihat di https://id.wikipedia.org/wiki/Puisi
Tag : puisi
0 Komentar untuk "Arti Puisi"

Back To Top