Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang di Blog Sri Yanti WS

Selamat Datang di Blog Sri Yanti WS

Pengertian Pohon Paku - Sipres - Tulip - Wilow

 POHON PAKU

Pohon Paku adalah tumbuhan yang sudah terdapat di bumi selama lebih dari 300 juta tahun. Pada jaman prasejarah banyak permukaan bumi ditutupi pohon paku. Banyak yang tingginya sama dengan pohon. Sekarang ada ribuan jenis pohon paku. Mereka tumbuh di mana-mana kecuali di daerah yang ditutupi es. Ukuran pohon paku berkisar mulai dari yang tingginya kurang dari 2,54 cm sampai yang dapat tumbuh setinggi 24 m, yaitu pohon paku daerah tropis.
Pohon paku tidak berbunga atau berbiji. Di bawah daunnya terdapat sel-sel kecil yang disebut spora. Spora-spora itu disebarkan angin ke atas tanah. Spora akan tumbuh menjadi pohon paku baru. Daun paku yang baru tumbuh muncul seperti bola yang menggulung. Bila tumbuh gulungan itu akan semakin terbuka.
Banyak pohon paku tumbuh di tempat yang teduh dan lembab. Akan tetapi beberapa pohon paku akan mati bila akarnya mendapat terlalu banyak air.
Daun pohon paku disebut daun pakis dan sering tampak seperti bulu-bulu besar.


Pohon Paku



POHON SELALU HIAJU

Di daerah-daerah dengan empat musim tidak semua pohon mempunyai daun sepanjang tahun. Pada musim dingin yang bersalju beberapa pohon daunnya rontok. Pohon yang selalu hijau adalah tumbuhan yang tetap berdaun sepanjang tahun. Beberapa pohon jenis ini, seperti pohon holly dan pohon salam, daunnya tebal dan lebar. Pohon lain, seperti cemara dan eru, berdaun seperti jarum dan dinamakan pohon berdaun sempit. Pada musim panas pohon selalu hijau mempunyai daun tua dan daun baru pada satu ranting. Banyak tumbuhan jenis ini mempunyai buah berbentuk kerucut yang mengandung biji. Burung dan hewan lain banyak yang menyukai biji ini.
Banyak rumah dibuat dari kayu pohon selalu hijau. Pohon yang berdaun sempit sering dipakai untuk pohon natal.

POHON SIPRES

Sipres adalah pohon jarum atau konifer, seperti kebanyakan konifer di daerah beriklim dingin, daunnya tetap hijau sepanjang tahun. Pohon sipres berdaun pipih ada dalam konus-konus yang bulat kecil. Pohon sipres terdapat di Amerika Utara, Amerika Tengah, Asia, Eropa, dan Afrika. Ada kira-kira 20 macam sipres. Di Amerika Sipres Monterey mungkin yang paling terkenal. Pohon itu banyak dijumpai di sepanjang pantai California dan dapat mencapai tinggi 18 m. Pohon sipres Monterey puncaknya rata dan dahan-dahannya sering melengkung menjadi bentuk-bentuk yang aneh karena ditiup angin laut yang kencang.
Sipres gundul sebenarnya bukan sipres tetapi termasuk keluarga pohon lain. Sipres gundul dijumpai di daerah-daerah lembab di Amerika Serikat bagian tenggara. Akarnya sering tertutup air. Untuk memperoleh udara, akar ini mengeluarkan pipa-pipa yang disebut akar nafas yang mencuat ke atas permukaan air sampai setinggi 3 m. Udara turun melalui pipa-pipa ini masuk ke dalam akar pohon.
Kayu pohon sipres gundul tidak lapuk dalam tanah yang basah banyak dipakai untuk tiang-tiang pagar. Pohon sipres Monterey sering ditanam sebagai pohon pelengkap taman.

POHON TULIP

Pohon Tulip adalah pohon besar dan tinggi yang tumbuh di hutan. Pohon ini dinamakan demikian karena bentuk bunganya seperti bunga tulip, berwarna kuning kehijau-hijauan. Pohon ini terdapat di bagian timur dan barat tengah Amerika Serikat, ke selatan sejauh Florida dan di Cina. Tingginya rata-rata antara 24 sampai 46 m. Pohon Tulip berbatang lurus dengan kulit kayu berwarna abu-abu coklat. Daunnya lebar bersegi empat, mempunyai empat cuping. Pada musim gugur warna daunnya berubah menjadi kuning keemas-emasan. Pohon tulip menghasilkan buah berbentuk kerucut yang terdiri dari biji-biji bersayap tunggal. Kayu pohon tulip yang berwarna kuning krem lunak dan mudah dibentuk. Kayu ini dipakai sebagai bahan kertas, papan bingkai, peti dan perabot rumah.
Pohon tulip adalah salah satu pohon hutan yang tertinggi di Amerika Serikat. Beberapa pohon tulip dapat mencapai tinggi 55 m.
Pohon tulip dapat tumbuh sampai tua sekali. Beberapa di antaranya mungkin berumur 500 tahun. Ini berarti bahwa ketika Columbus menemukan Amerika pohon-pohon itu masih berupa anak pohon.

POHON WILOW

Wilow adalah pohon dan semak-semak yang sering tumbuh di sepanjang tepi parit, sungai, serta di atas tanah lembab. Terdapat lebih dari 300 jenis pohon dalam keluarga wilow termasuk di antaranya pohon poplar dan aspen. Wilow terdapat di seluruh dunia.
Pohon wilow dapat tumbuh sampai 24 m tingginya. Kulit kayunya kasar, batang-batangnya semampai, sedangkan daunnya biasanya tidak lebar. Akar-akarnya panjang lagi kuat. Oleh karena itu, wilow membantu agar tanah di pinggir parit dan sungai tidak terkikis arus air. Banyak binatang liar dan burung suka makan pohon wilow. Kayu pohon wilow lunak dan ringan; banyak dipakai untuk bahan pembuat kertas dan pembuat benda-benda kecil.
Pohon wilow kucing kadang-kadang dinamakan pohon uang karena tumbuh menjadi pohon yang menyerupai bulu kucing yang banyak dijual di tukang bunga.
Pohon wilow menangis adalah pohon hias yang banyak disukai karena dahan-dahannya yang anggun merunduk.
0 Komentar untuk "Pengertian Pohon Paku - Sipres - Tulip - Wilow"

Back To Top